K3 Konstruksi Bangunan Gedung Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Jasa Konstruksi - 7 June 2019, By kontraktor

K3 konstruksi bangunan gedung dalam bidang yang terkait dengan konstruksi pasti memiliki beberapa dampak pada saat pelaksanaanya. Dampak tersebut umumnya bersifat dan kategori risiko tinggi. Resiko yang akan ditimbulkan ketika melakukan kegiatan konstruksi dapat dicontohkan seperti: resiko jatuh dari ketinggian, mesin yang kondisi sangat tidak terawat dan membahayakan ketika digunakan, resiko akan kelalaian perlengkapan konstruksi, resiko listrik, risiko terkena debu asbes dan silika. Maka dari itu sangatlah penting untuk selalu memakai dan menjalankan prinsip-prinsip manajemen K3.
K3 konstruksi bangunan gedung memiliki suatu pengertian yaitu Keselamatan, Kesehatan Kerja yang menciptakan suatu perlindungan untuk setiap orang yang terlibat dan berada dalam kegiatan konstruksi. Kegiatan yang biasa dilakukan antara lain perputaran dan perpindahan bahan baku, perlindungan penggunaan perlengkapan kerja, kegiatan yang terkait produksi, dan keselamatan di sekitar lingkungan kerja. Beberapa bentuk kegiatan terkait konstruksi bisa memiliki suatu dampak ketika dilakukan. Dampak yang dimaksud berhubungan dengan kesehatan serta keselamatan kerja tiap individu yang terlibat di dalamnya.
Pesan pemerintah kepada seluruh usaha atau bisnis khususnya di bidang konstruksi. Mereka wajib memiliki SMK3 yaitu Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Isi dan prosedur SMK3 berupa struktur organisasi, perencanaan konstruksi, tanggung jawab pelaku kegiatan dalam konstruksi, pelaksanaan dari kegiatan konstruksi, prosedur kegiatan konstruksi, proses konstruksi dan sumber daya yang terkait dengan alur dari kegiatan konstruksi. Dengan berpegang pada prinsip dan aturan dalam k3 konstruksi bangunan gedung untuk menciptakan suasana aman dan kondusif ketika pelaksanaan konstruksi berlangsung.
Pemerintah memberikan peraturan terkait pedoman pelaksanaan k3 konstruksi bangunan gedung. Anda dapat melihat pada PP No 50 tahun 2012. Pada peraturan pemerintah itu memiliki beberapa item yang berhubungan dengan peraturan sistem manajemen k3 khusus untuk usaha konstruksi. Karena kita sering tidak menerapkan K3 secara benar. Peraturan pemerintah tersebut dibuat untuk menjamin keselamatan dan kesehatan kerja para pelaksana konstruksi. Sehingga dapat meminimalkan risiko penyakit yang diakibatkan dari pekerjaan konstruksi dan risiko kecelakaan di lokasi kerja juga ditekan serendah mungkin.

K3 Konstruksi Bangunan Gedung Keselamatan dan Kesehatan Kerja | kontraktor | 4.5