Perusahaan Konstruksi Jembatan Gantung Bentang Bebas Gantung

Perusahaan Konstruksi - 7 June 2019, By kontraktor

Perusahaan konstruksi jembatan gantung memiliki dua tipe yaitu jembatan bentang panjang dan jembatan bentang pendek. Konstruksi jembatan ini memiliki keunikan dapat dirancang dengan tidak berpilar di bagian tengah. Jembatan ini disusun dengan beberapa bagian berikut : pelengkung penggantung dengan batang penggantung yang terbuat menggunakan kabel dari baja, dan bagian lurus untuk lalu lintas. Susunan itu termasuk bentang utama. Akan tetapi jembatan gantung tidak lengkap jika tidak adanya bentang luar. Fungsi dari bentang ini sebagai pengikat kabel utama dengan balok.
Perusahaan konstruksi jembatan gantung mempunyai beragam desain.
Berkaitan dengan bentang luar (side plan) terdapat bentuk struktur jembatan gantung sebagai berikut:
1. Bentang luar yang bebas
Pada desain ini bagian kabel utama tidak terhubung ke lantai dari jembatan. Sehingga desain ini memiliki bentuk kabel utama yang lurus.
2. Bentang luar gantung
Kabel utama di bentang luar jenis ini memiliki fungsi penahan struktur lantai pada jembatan. Kabel utama tersebut ada penghubungnya yang dinamakan hanger.
Kelebihan tersebut di antaranya adalah : Struktur dari jembatan bisa dibuat kokoh berdiri dengan tidak menggunakan perancah dari tanah. Bentuk dari jembatan sangat kuat dan mengoperasikan fungsinya secara benar. Jembatan ini memiliki bentangan sekitar 600 meter.
Perusahaan konstruksi jembatan gantung juga memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut terjadi jika lantai tidak bekerja secara maksimal. Sehingga jembatan gantung akan mengalami goyangan, sehingga akan menimbulkan ketidakstabilan jika angin dan getaran resonansi melanda.
Sekali lagi untuk perusahaan konstruksi jembatan gantung harus memikirkan tata letak wilayah, dan ketepatan pelaksanaan proyek. Selain itu pelaksana proyek juga harus menerapkan K3 konstruksi untuk pekerjanya, karena tingginya risiko pembuatan dari jembatan gantung. Penerapan UU konstruksi juga perlu untuk diperhatikan dan diterapkan sebagai upaya keberhasilan fungsi dari jembatan gantung. Selain itu penyedia jasa akan lebih transparan dan akuntabel dengan menilik UU konstruksi. Harapannya tidak ada lagi namanya jembatan gantung roboh ataupun tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Penyedia jasa dan juga pengguna jasa memiliki kesamaan tidak saling dirugikan.

Perusahaan Konstruksi Jembatan Gantung Bentang Bebas Gantung | kontraktor | 4.5