Perusahaan Kontraktor Bangunan Gedung Fondasi Dangkal dan Dalam

Perusahaan Kontraktor - 8 June 2019, By kontraktor

Perusahaan kontraktor bangunan gedung merupakan salah satu kontraktor bangunan yang sangat mudah ditemui, baik di desa maupun di kota. Mulai dari kontraktor gedung berukuran kecil, sedang, hingga berukuran raksasa. Fungsi dari gedung-gedung tersebut pun bermacam – macam, ada yang digunakan sebagai sarana pendidikan, tempat penginapan dan ada pula gedung untuk kompetisi olahraga
Dibalik megah dan kokohnya gedung-gedung itu, terdapat konstruksi yang telah dirancang dengan sangat matang. Perencanaan yang matang wajib dilakukan oleh semua pihak yang terlibat. Selain untuk mendapatkan bentuk gedung yang sesuai ekspektasi, gedung dengan konstruksi yang baik juga diperuntukkan bagi keselamatan siapapun yang akan menggunakannya.
Ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam merancang konstruksi bangunan gedung, salah satunya adalah fondasi. Fondasi merupakan bagian dasar bangunan yang bersentuhan langsung dengan tanah. Dalam pembuatannya, perusahaan kontraktor bangunan gedung harus benar – benar memperhatikan fondasi untuk menghindari rusaknya bangunan di kemudian hari. Pemilihan bahan dan jenis fondasi, beban bangunan hingga kondisi tanah harus benar-benar diperhatikan.
Ada dua jenis fondasi yang banyak digunakan oleh perusahaan kontraktor bangunan gedung, yaitu fondasi dangkal dan fondasi dalam.
1. Fondasi Dangkal
Seperti namanya, fondasi jenis ini biasa dibuat dekat dengan permukaan tanah. Contoh fondasi yang termasuk fondasi dangkal adalah Fondasi Tapak, Fondasi Jalur (Memanjang), dan Fondasi Tikar.
2. Fondasi Dalam
Fondasi dalam ini dibangun di atas permukaan tanah dengan kedalaman tertentu. Contoh fondasi yang tergolong fondasi dalam adalah Fondasi Pile, Fondasi Piers, dan Fondasi Caissons.
Selain fondasi, perusahaan kontraktor bangunan gedung juga perlu memperhatikan pemilihan Sloof yang tepat. Sloof adalah bagian bangunan yang ada di atas fondasi. Funsi Sloof pada bangunan adalah sebagai distributor beban dari bangunan atas ke fondasi.
Ada pula Kolom yang merupakan bagian yang sangat penting. Kolom pada struktur bangunan adalah batang tekan vertical dari rangka struktur yang memikul beban dari balok. Keberadaan kolom yang baik membuat bangunan tidak mudah roboh.
Konstruksi dinding bangunan juga sangat perlu diperhatikan oleh perusahaan kontraktor bangunan gedung. Definisi dinding adalah sebuah struktur padat yang menjadi pembatas dan pelindung suatu area. Dinding bangunan memiliki beberapa fungsi utama, yaitu sebagai penyokong atap dan langit-;angit, membagi ruangan, serta melindungi bagian dalam bangunan dari intrusi dan cuaca.
Yang pasti, dalam memilih konstruksi gedung diperlukan perencanaan yang matang agar bangunan yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi.

Perusahaan Kontraktor Bangunan Gedung Fondasi Dangkal dan Dalam | kontraktor | 4.5