Badan Usaha Jasa Konstruksi Pembuatan PT Dan CV Berbeda

Badan usaha jasa konstruksi seperti CV dan PT merupakan dua badan usaha yang didirikan secara resmi dan sudah sah di mata hukum negara. Pelaku usaha yang serius untuk membuka lapangan kerja sendiri, harus menggunakan nama CV atau PT agar terdaftar resmi di negara dan dipercaya calon konsumennya. Jasa konstruksi juga begitu. Kamu yang punya usaha konstruksi, perlu membentuk badan usaha jasa konstruksi CV atau PT agar calon klien kamu nggak ragu sama bisnis kamu.
Meski sama-sama badan usaha, ada perbedaan pembuatan PT dan CV untuk usaha jasa konstruksi. Pokoknya kamu ikuti caranya di bawah ini agar kamu nggak salah paham.
Pendirian Badan Usaha CV Jasa Konstruksi
Sebelum kamu mendirikan jasa konstruksi di jenis badan usaha ini, tentukan dulu beberapa hal ini:
1. Siapkan nama CV
2. Tentukan jumlah modalnya
3. Susun struktur organisasinya
4. Tentukan siapa pemimpinannya
Setelah menentukannya, kamu bisa lanjut untuk menyiapkan dokumen-dokumennya.
1. Foto kopi KTP minimal 2 orang
2. Foto kopi Kartu Keluarga direktur atau pemimpin utama
3. Pas foto direktur atau pemimpin utama, 3x4
4. Foto kopi PBB atau surat domisili
5. Foto kopi surat kontrak atau pemilikan tempat usaha
6. SK RT atau RW
Badan Usaha Jasa Konstruksi
Setelah dokumennya siap, kamu datang saja ke notaris dan akan diberikan dokumen sah kepemilikan badan usaha jasa konstruksi CV kalau sudah selesai semua prosesnya.
1. Akta notaris
2. SK domisili perusahaan
3. NPWP
4. Pengesahan pengadilan
5. SIUP
6. TDP
Pendirian Badan Usaha PT Jasa Konstruksi
Yang membedakan pembuatan badan usaha jasa konstruksi jenis PT dan CV adalah pemilihan namanya. Kamu masih bisa menggunakan nama yang sama kalau membuat CV, tapi di PT kamu nggak boleh menggunakannya lagi. Jadi kamu harus memilih nama yang nggak pernah dipakai oleh perusahaan lainnya. Untuk persyaratannya atau dokumen kelengkapannya masih tetap sama dengan pembuatan CV.
Selain itu, ada dokumen kepemilikan tambahan lain kalau usaha jasa konstruksi kamu dibuat PT, yaitu surat keterangan pengesahan yang sah dari MENHUMKAM.
Itu dia perbedaan pembuatan badan usaha jasa konstruksi untuk PT dan CV. Pilih jenis badan usaha yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa juga siapkan biaya penggunaan notarisnya sekitar Rp 4 juta buat CV dan Rp 7 - 10 juta buat PT.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel