Jasa Konstruksi Bangunan Tahapan Membangun Bisnis Konstruksi

Pengurusan bisnis jasa konstruksi bangunan memerlukan tahapan-tahapan yang cukup panjang. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti surat izin usaha dengan pengumpulan beberapa berkas. Selain itu, anda perlu memilih jenis & klasifikasi usaha, rekan bisnis yang menguntungkan, dan modal besar. Tahapan cara cepat membangun bisnis konstruksi ada di bawah ini.
1. Memilih jenis bisnis konstruksi dan klasifikasinya
Dalam bidang konstruksi ada beberapa jenis perusahaan yang saling bekerja sama untuk membangun sebuah proyek besar. Anda harus memutuskan terlebih dahulu ingin mendirikan perusahaan konsultan pembangunan, pelaksanaan lapangan, penyedia material, ataupun penyedia tenaga kerja. Selain itu, ada juga kontraktor spesialis elektronik, electrical, sipil, sanitasi, dan masih banyak lainnya.
2. Mencari rekan bisnis
Ada sebuah peraturan tentang kepemilikan usaha yaitu mendirikan sebuah perusahaan dengan mencari rekan warga lokal. Hal semacam ini dikenal dengan PT-PMA ataupun joint venture. Dalam prosesnya membutuhkan minimal 2 pemegang saham apabila salah satunya adalah warga negara asing. Partner ini akan sangat menentukan perkembangan bisnis anda.
Jasa Konstruksi Bangunan
3. Syarat administrasi mendirikan usaha
Tidak berbeda dengan bidang usaha lain, jasa konstruksi juga memiliki persyaratan kelengkapan dokumen. Beberapa jenis surat-surat penting yang harus ada yaitu.
a. Surat izin berbisnis & principal yang diperoleh dari BKPM
b. Surat keterangan domisili
c. Akta dari notaris untuk pendirian usaha
d. Tanda daftar perusahaan
e. Nomor pokok wajib pajak
Mengurus semua tahapan pendirian usaha di bidang jasa konstruksi bangunan membutuhkan beberapa bulan. Tetapi, ada beberapa perusahaan yang menyediakan pengurusan tersebut dengan penawaran waktu lebih singkat, meskipun anda tidak sedang berada di Indonesia. Jenis paket pelayanannya pastinya berbeda, pilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.
Langkah-langkah yang diperlukan untuk memiliki usaha baru di dunia Jasa Konstruksi Jembatan secara garis besar yaitu memilih jenis usaha, menentukan klasifikasinya agar lebih jelas. Mencari partner yang saling menguntungkan, mengumpulkan berkas lengkap untuk lolos tahap administrasi, mendapatkan KTA (Kartu Tanda Anggota Asosiasi Konstruksi), dan mengantongi sertifikat yang lengkap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel