Jasa Konstruksi Beton Penting Mengetahui Kelemahan Konstruksi Beton

Pentingnya jasa konstruksi beton dalam membangun gedung yang kuat dan kokoh adalah keinginan setiap orang. Untuk mewujudkan hal tersebut biasanya setiap orang akan memilih dan menggunakan material tertentu yang membuat bangunannya menjadi lebih kuat. Dengan demikian struktur bangunan akan awet dan tidak mudah rusak.
Salah satu material yang dapat digunakan untuk membuat bangunan adalah beton. Beton adalah material hasil campuran semen, air dan agregat dengan perbandingan tertentu. Saat ini jasa konstruksi beton sering digunakan untuk membuat bangunan karena strukturnya yang relatif kokoh dan mampu menopang beban atau tekanan yang berat. Selain itu, beton juga tahan korosi, tahan bakar serta mudah dicetak sesuai keinginan.
Akan tetapi, beton juga memiliki sisi kelemahan yakni sebagai berikut.
1. Mudah retak
Struktur beton dinilai mudah retak karena tidak mampu menahan daya tarik akibat pengaruh suhu. Hal ini menyebabkan beton tidak tahan lama. Demikian dalam pembuatan beton perlu teknik-teknik khusus untuk mencegah agar beton tidak mudah retak serta tetap awet.
2. Masih dapat mengembang
Adanya perubahan suhu yang ekstrem dapat menyebabkan beton mengembang atau menyusut sehingga perlu didilatasi untuk mengcegah adanya retakan-retakan pada beton.
Jasa Konstruksi Beton
3. Bersifat getas
Beton bersifat getas sehingga harus dihitung secara detil. Saat dikombinasikan dengan baja pun harus dihitung agar menjadi daktail, terutama Kerja Kontraktor apabila membuat bangunan di lahan yang rawan gempa bummi.
4. Sulit kedap air
Beton sulit untuk kedap terhadap air sehingga memungkinkan air untuk masuk ke dalam struktur beton. Air yang masuk apabila membawa kandungan garam dapat menyebabkan kerusakan pada beton.
Umumnya jasa konstruksi beton memang lebih sering digunakan daripada konstruksi yang lain seperti baja. Hal ini disebabkan karena beton lebih mudah didapat dan proses pengerjaannya pun tidak perlu memiliki keahlian khusus. Selain itu tidak terlalu rumit sehingga dapat menghemat biaya dan waktu. Akan tetapi, jasa konstruksi beton ini tidak cocok apabila dilakukan pada bangunan yang lokasinya rawan gempa karena pergesaran pada tahan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah di struktur beton sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel