Jasa Konstruksi Jembatan Keuntungan Menggunakan Beton Dan Baja

Jasa konstruksi jembatan berkembang dari tahun ke tahun, hal ini bisa anda lihat dari jembatan-jembatan yang dibangun pemerintah. Dulu, sebagian besar jembatan menggunakan rangka baja dengan ciri khas rangkaian baja di samping kanan dan kirinya. Seiring berjalannya waktu, susunan baja ini tidak nampak lagi dan berganti dengan beton.
Jembatan mempunyai beberapa jenis, mulai dari jembatan jalan raya, jembatan jalan kereta, dan jembatan penyebrangan. Dalam pemilihan material, perlu perhitungan matang, terutama untuk proyek yang bernilai triliunan. Kegagalan jasa konstruksi jembatan tidak hanya berakibat pada kerugian material, tetapi juga bisa menelan korban jiwa.  Berikut kelemahan dan keuntungan penggunaan baja & beton.
Keuntungan & kekurangan jasa konstruksi jembatan dalam penggunaan baja
Besi merupakan material yang banyak digunakan dalam konstruksi jembatan dan bangunan lainnya, kehadiran besi-baja sangat mempengaruhi perencanaan yang terus berkembang untuk menemukan formula terbaik. Ada beberapa alasan yang mendukung pernyataan jika penggunaan baja lebih ekonomis.
1. Kuat tekan dan kuat tarik yang tinggi sehingga jumlah materialnya cenderung sedikit
2. Menghemat biaya untuk pembayaran pekerja karena baja yang datang ke lapangan sudah siap pasang.
3. Jika sewaktu-waktu konstruksi bermasalah, struktur baja lebih mudah dibongkar untuk pemulihan ataupun penggantian.
Jasa Konstruksi Jembatan
Namun, jasa konstruksi jembatan dengan menggunakan baja mempunyai dua jenis kelemahan yaitu bisa berkarat seiring berjalannya waktu. Hal ini tetap bisa diatasi dengan memberikan pelumas anti karat sebelum dipasang. Selain itu, menimbulkan bunyi yang cukup nyaring ketika dilewati, contohnya seperti jembatan kereta api.
Keuntungan Kontraktor Bangunan dalam penggunaan beton bertulang
1. Tidak akan berkarat karena mampu menahan korosi dan pembusukan.
2. Mudah dicetak sesuai dengan kebutuhan
3. Penanganan retak sederhana hanya butuh sekali semprot dengan beton segar
4. Bisa dipompa, sehingga menjangkau area-area yang sulit dimasuki kendaraan.
5. Mampu menahan aus &pembakaran.
Kekurangannya jasa konstruksi jembatan dengan baja yaitu tidak mampu menahan tarik, sehingga banyak dipadukan dengan tulangan baja.  Tidak bisa diperbaiki setelah mengeras, satu-satunya cara hanya dengan pembongkaran.
Beton ataupun baja mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam konstruksi jembatan perlu banyak pertimbangan untuk mendapatkan hasil yang kokoh dan tetap ekonomis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel