Jasa Konstruksi Rumah Sakit Kebutuhan Layanan Fasilitas Tenaga Medis

Jasa konstruksi rumah sakit merupakan salah satu sarana yang memiliki peran penting untuk kesehatan masyarakat sehingga pembangunannya harus dilakukan secara merata di setiap wilayah agar ketika ada warga yang sakit bisa segera dilakukan pertolongan.
Jasa konstruksi rumah sakit memiliki tanggung jawab penuh untuk menjalankan pembangunan rumah sakit. Ada berbagai tahapan ketika membangun sebuah rumah sakit mulai dari melakukan perencanaan, studi kelayakan hingga mask ke proses pembangunan.
Studi kelayakan dilakukan bertujuan untuk menganalisa kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi dalam membangun rumah sakit yang sesuai dengan standart yang telah ditentukan. Adapun pembagian studi kelayakan pembangunan rumah sakit diantaranya :
Kebutuhan Layanan di Dalam Rumah Sakit
Kebutuhan Fasilitas dan Peralatan di Dalam Rumah Sakit
Kebutuhan Tenaga Medis dan Non Mesi
Kajian Pembiayaan yang Dibutuhkan
Nantinya, hasil dari melakukan pengamatan studi kelayakan jasa konstruksi rumah sakit dituangkan dalam sebuah master plan. Biasanya, studi kelayakan dikerjakan oleh pihak konsultan yang nantinya juga ikut membantu mencarikan kontraktor bangunan yang tepat untuk mengerjakan pembangunan rumah sakit.
Selain melakukan strudi kelayakan, tahapan lainnya yang juga harus dilakukan yaitu :
Membuatan Perencanaan
Tidak jauh berbeda dengan bangunan lainnya, pembangunan rumah sakit juga membutuhkan perencanaan yang matang mulai dari membuat desain setiap ruangan dan keseluruhan bagian bangunan, membuat rencana kerja rumah sakit hingga menyusun dan menetapkan peralatan.
Jasa Konstruksi Rumah Sakit
Pembuatan Desain
Desain Kontraktor Mekanikal atau rancangan bangunan rumah sakit agak berbeda dengan bangunan lainnya karena di dalamnya harus membagi banyak ruangan untuk ruang perawatan, ruang bersalin, ruang operasi, gudang, lobi dan sebagainya. Selain itu, pembuatan rancangan juga harus meliputi bagian luar dari rumah sakit seperti untuk parkiran dan lobi untuk ambulance. Semua gambar atau desain bangunan dibuat oleh arsitektur.
Lingkup Pengerjaan
Proses pembangunan oleh jasa konstruksi rumah sakit diantaranya membuat struktur bangunan, pemasangan instalasi elektrikal (termasuk instalasi peralatan rumah sakit) dan mekanikal serta pemipaan (plumbing). Setiap proses pengerjaan diawasi oleh petugas masing-masing ketika terjadi masalah bisa segera direspon.
Laporan
Semua proses diatas mulai dari perencanaan hingga bangunan selesai dibuat. Nantinya, laporan tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi jika sewaktu-waktu terjadi permasalahan pada bangunan ruang sakit.
Jasa konstruksi rumah sakit juga harus melakukan pengujian berupa uji beban, pengujian terhadap instalasi listrik dan pengujian lainnya untuk memastikan semua fungsi bangunan berjalan dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel