Jasa Konstruksi Telekomunikasi Untuk Kelancaran Jaringan Komunikasi

Secara garis besar, jasa konstruksi telekomunikasi merupakan perusahaan atau perorangan yang mengerjakan instalasi khusus untuk telekomunikasi seperti instalasi BTS, radio transmisi, dan juga pemasangan Drive Test untuk melakuan optimasi jaringan.
Proyek telekomunikasi ini kebanyakan berasal dari operator seluler seperti XL, Telkom, Indosat dan provider internet. Tidak jauh berbeda dengan proyek pembangunan lainnya, proyek telkomunikasi juga disertakan dalam tender.
Kontraktor yang memenangkan tender nantinya akan bertanggung jawab penuh untuk melakukan semua proses pengerjaan. Terkadang, banyak juga kontraktor yang merekrut sub kontraktor untuk ikut membantu menyelesaikan pekerjaan sesuai tender yang telah dimenangkan.
Berikut ini beberapa layanan utama yang disediakan oleh jasa konstruksi telekomunikasi :
Melakukan Akuisisi Lahan
Kontraktor bertanggung jawab untuk melakukan negosiasi dan akuisisi lahan yang akan dijadikan lokasi untuk pembangunan Menara BTS, selain itu juga mengurus segala macam bentuk perijinannya. Jangan sampai ketika proses pembangunan berlangsung malah terjadi sengketa lahan.
Jasa Konstruksi Telekomunikasi
Pembangunan Infrastruktur
Setelah perijinan selesai, tahap berikutnya Daftar Kontraktor Bangunan membangun infrastruktur berupa Menara BTS, shelter dan berbagai macam sarana pendukung. Proses pengerjaan ini melibatkan semua bagian mulai dari arsitektur untuk menggambar rancangan, tenaga dan tim ahli bangunan, pengawas hingga supplier material.
Pengerjaan Mekanikal dan Elektrikal
Pemasangan semua sistem mekanik dan elektrik yang terkait dengan pemasangan jaringan, setting mikrotik, dan lainnya. Pemasangan ini dilakukan oleh tim ahli yang sudah tersertifikasi dan berpengalaman sehingga tidak terjadi kesalahan.
Melakukan Pengawasan
Selama proses pemasangan berlangsung, kontraktor juga bertanggung jawab melakukan pengawasan secara penuh. K3 merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi kecelakaan kerja.
Membuat Laporan
Setiap proses pengerjaan dituangkan dalam bentuk laporan, sehingga ketika terjadi trouble bisa ditelusuri penyebab awalnya sehingga dapat diperbaiki dengan cepat. Selain itu, laporan ini juga berfungsi untuk audit hasil pembangunan sarana telekomunikasi secara berkala.
Melakukan Maintenance
Perawatan rutin juga harus dilakukan untuk memastikan semua fungsi pada tower atau BTS dapat berjalan dengan baik.
Jasa konstruksi telekomunikasi memiliki peran yang sangat penting untuk menghadirkan kelancaran jaringan komunikasi dan internet di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel