Jasa Kontraktor Bangunan Gedung Pihak Yang Terlibat Pembangunan

Jasa kontraktor bangunan gedung merupakan jenis konstruksi yang paling banyak dibangun di kota-kota besar. Proses pembangunannya dilakukan oleh kontraktor bangunan gedung yang memang sudah memiliki kompetensi sehingga hasil gedung yang dibuat dapat berdiri kokoh dan tahan lama.
Dalam membangun sebuah gedung ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti kondisi tanah yang akan dijadikan lokasi pembangunan, cuaca dan iklim, sumber daya manusia, alat berat dan alat bantu lainnya, desain bangunan, hingga pembuatan RAB (Rencana Anggaran Biaya) yang jelas.
Ada beberapa pihak yang terlibat pada pembangunan gedung, diantaranya :
1. Pemilik Proyek
Sebagai owner atau pemilik proyek memiliki kendali penuh agar semua proses pembangunan dapat berjalan sesuai dengan keinginan. Namun, pemilik proyek juga bertanggung jawab terhadap pendanaan, pemilihan jasa kontraktor bangunan gedung dan juga mengatur surat perjanjian atau kesepakatan kerja.
2. Menentukan Konsultan
Selanjutnya, owner akan menunjuk konsultan proyek untuk membuat perencanaan struktur, mekanikal engineering dan elektrikal, aristektur dan juga perizinan serta persyaratan administratif. Selain itu, konsultan juga ikut membantu owner memilih kontraktor yang tepat untuk mengerjakan proyek serta memberi masukan kepada owner apa saja yang harus dilakukan selama proses pengerjaan berlangsung.
Jasa Kontraktor Bangunan Gedung
3. Pengawas Proyek
Tugas dari pengawas proyek yaitu melakukan pemantauan pada proyek pembangunan Gedung agar sesuai dengan parameter yang telah ditentukan seperti faktor keamanan, kualitas, keselamatan, ekonomi dan masih banyak lagi.
4. Kontraktor Proyek
Peran dari kontraktor yaitu mengerjakan semua proses pembangunan sesuai dengan ide owner yang digambarkan oleh arsitek dan konsultan sehingga bisa dituangkan dalam proses pengerjaan. Selain itu, kontraktor juga harus menyiapkan sumber daya manusia yang siap bekerja.
5. Subkontraktor
Selain kontraktor utama, ada juga pihak subkontraktor yang harus memberikan laporan pertanggung jawaban kepada Kontraktor Jalan sebagai pelaksana. Namun, penunjukan subkontraktor ini juga harus melalui perizinan dari pemilik proyek atau owner.
Jasa kontraktor bangunan gedung dan pihak lainnya yang terlibat, harus bertanggung jawab ketika terjadi suatu masalah seperti pembuatan bangunan yang tidak sesuai dengan rancangan, pengeluaran membengkak, hingga masalah turn over atau pergantian buruh kerja yang terlalu tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel