Jasa Kontraktor Listrik Apa Itu Kontraktor Listrik Dan Apa Saja Tugasnya

Di bawah jasa kontraktor listrik, ada sub-sub kontraktor yang menangani masalah sesuai divisi dan keahliannya masing-masing. Sebut saja, ada beberapa sub kontraktor yang secara resmi bisa ikut dalam sebuah proyek kontraktor pusat. Beberapa sub kontraktor tersebut adalah kontraktor arsitektur, kontraktor sipil, kontraktor mekanikal, sampai jasa kontraktor listrik. Khusus untuk kontraktor bagian kelistrikan, saat ini sudah diwadahi dalam sebuah asosiasi besar bernama Asosiasi Jasa kontraktor listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI). Dijelaskan secara gamblang oleh AKLI bahwa fungsi kontraktor adalah hadir sebagai mitra pemerintah dalam hal penyediaan dan penyaluran tenaga listrik di Indonesia. Nah, sedangkan untuk tugas di lapangan, kontraktor setidaknya memiliki beberapa tugas seperti dijelaskan di bawah ini.
Tugas pertama dari kontraktor urusan listrik adalah membuat skema kelistrikan dari keseluruhan gedung atau bangunan. Skema ini dibuat dengan mempertimbangkan banyak faktor. Mulai dari faktor keamanan, faktor hemat daya, faktor estetika, sampai faktor efisiensi setiap cahaya lampunya. Dengan perhitungan yang begitu rumit, proses merancang skema lampu bisa memakan waktu yang lama. Namun demikian, skema tersebut nantinya yang akan dijadikan patokan oleh petugas lapangan untuk melakukan instalasi listrik. Tugas jasa kontraktor listrik selanjutnya adalah melakukan pemilihan bahan-bahan instalasi. Dalam hal ini, kontraktor bertanggung jawab dalam pemilihan jenis-jenis kabel, lampu, sampai dengan stop kontak yang akan diinstal di bangunan. Tentu seperti layaknya prosedur kontraktor lainnya, pemilihan material kelistrikan juga harus sesuai dengan standar dan kualifikasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Nantinya, material akan di cek ulang, apakah sudah sesuai dengan kualifikasi yang diajukan ataukah belum.
Jasa Kontraktor Listrik
Tugas selanjutnya adalah melakukan instalasi. Untuk melakukan proses ini, biasanya kontraktor akan berkonsultasi dengan bagian mekanika karena memang kedua divisi tersebut saling berhubungan erat. Proses instalasi ini harus sesuai dengan skema yang dibuat oleh para perancang di awal tadi. Tidak boleh ada kesalahan karena kesalahan sedikti saja bisa berakibat fatal. Dan tugas yang terakhir adalah melakukan evaluasi atas hasil instalasi.
Itulah sekilas mengenai apa itu jasa kontraktor listrik dan tugas-tugasnya dalam sebuah proyek pembangunan gedung. Anda bisa mencari secara terpisah antara tiap Kontraktor Jalan atau langsung memercayakannya pada kontraktor pusat untuk mencari sub kontraktor di bawahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel