Kontraktor Elektrikal Beberapa Pekerjaan Yang Dilakukan Kontraktor

Dalam suatu proyek pembangunan atau sipil, kontraktor elektrikal memiliki kaitan yang sangat erat dengan arsitek. Hal ini dikarenakan gambar untuk pemasangan elektrikal tentu saja harus sesuai dengan rancang bangunan yang mana dibuat oleh sang arsitek. Sebenarnya bisa saja tanpa gambar, tapi syaratnya orang-orang yang berada di divisi elektrikal ini harus memiliki ingatan dan imajinasi yang tinggi.
Contoh sederhananya, jika arsitek belum membuat gambar atap rumah maka orang elektrikal tidak bisa menentukan posisi lampu, kipas, AC dan lainnya. Karena mereka belum mengetahui bentuk atapnya, apakah menggunakan plafond atau di duct saja dan sebagainya.
Semua rancangan baik itu struktur bangunan ataupun elektrikal harus sesuai dengan jadwal, terkadang seringkali terjadi selisih paham ketika sudah mendekati deadline pengerjaan.
Secara garis besar, kontraktor elektrikal memasang instalasi listrik mulai dari tegangan rendah hingga tegangan tinggi. Beberapa komponen yang dipasang diantaranya panel listrik, trafo, kabel instalasi lampu dan stop kontak, dan lainnya.
Berikut ini beberapa pekerjaan yang dilakukan kontraktor elektrikal :
1. Alarm Kebakaran
Demi menjaga keamanan gedung dari kebakaran maka alarm wajib dipasang. Inilah salah satu scope pekerjaan yang dilakukan oleh bagian elektrikal memasang instalasi listrik untuk alarm kebakaran pada seluruh bagian gedung.
Kontraktor Elektrikal
2. Line Telepon
Biasanya line telepon di dalam gedung terhubung antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Contoh sederhananya, ketika Anda berkunjung ke suatu perkantoran di dalam gedung biasanya bagian resepsionis akan menggunakan line telepon untuk menghubungi orang yang ingin Anda temui.
Pemasangan line telepon ini baik untuk telepon antar ruangan ataupun untuk telepon ke luar gedung harus dilakukan dengan cermat agar tidak terjadi tabrakan antar line.
3. CCTV
CCTV merupakan bagian paling penting untuk keamanan gedung, selain untuk merekam tindakan kriminal di dalam gedung juga bisa digunakan untuk merekam kejadian penting yang dapat mengancam keamanan gedung.
4. Security System
Security system ini mencakup segala hal yang berhubungan dengan sistem elektrik untuk keamanan gedung seperti kartu akses untuk setiap penghuni dan pengunjung gedung, finger print, dan lainnya.
Sebenarnya masih banyak lagi ruang lingkup pekerjaan kontraktor elektrikal yang saling terintegrasi sehingga dapat dikontrol oleh Jasa Kontraktor Bangun Rumah dengan mudah. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel