Kontraktor Grade 7 Berikut Persyaratan Pengertian Grade Kontraktor

Secara pengertian, kontraktor grade 7 itu adalah badan atau Lembaga yang memiliki izin usaha untuk mengadakan suatu barang ataupun jasa yang nantinya akan dibayar sesuai dengan nilai kontrak yang sudah disepakati. Kontraktor itu sendiri ada banyak jenisnya seperti kontraktor sipil, kontraktor listrik, kontraktor kolam renang, dan masih banyak lagi. Selain itu, dalam dunia kontraktor ada sebuah istilah pembagian kualifikasi yang disebut grade.
Fungsi dari pembagian kualifikasi ini adalah agar kontraktor besar dan kontraktor kecil mendapatkan proyek yang bisa dikerjakan secara adil, tentunya sesuai dengan nilai kontrak yang telah disepakati dengan owner atau pemilik proyek.
Jika kontraktor besar maka harus menangani proyek yang nilai kontraknya besar, sedangkan kontraktor kecil menangani proyek yang nilainya kecil.
Untuk kontraktor dengan nilai proyek Rp 1 Milyar hingga tidak terbatas maka masuk ke dalam kategori kontraktor grade 7. Sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor : 08/PRT/M/2011, untuk kontraktor B1 atau Grade 7 memiliki nilai kekayaan bersih sebesar Rp 10 Milyar sampai dengan Rp 50 Milyar.
Kontraktor pada grade 7 harus memiliki badan usaha dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT), termasuk juga bentuk badan usaha PT-PMA. Selanjutnya, perusahaan kontraktor harus memiliki SBU (Surat Badan Usaha) tapi sebelumnya harus sudah Terkareditasi, tersertifikasi dan terintegrasi sesuai dengan peraturan LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi).
Minimal perusahaan memiliki sertifikasi Ahli Madya yang dikeluarkan langsung oleh Asosiasi Profesi Terakreditasi LPJK juga.
Kontraktor Grade 7
KTA dan SKA Kontraktor Rumah Murah tersebut dilampirkan untuk permohonan dalam pembuatan Surat Badan Usaha disertai dengan kelengkapan dokumen lainnya sesuai dengan persyaratan. Kemudian, semua persyaratan disubmit ke LPJKN dan Asosiasi Perusahaan yang nantinya akan diverifikasi oleh badan independen miliki LPJKN yaitu USBU.
Setelah proses verifikasi selesai dan sudah disetujui oleh ketua ASESOR nantinya nama Perusahaan Anda bisa dilihat seca online melalui Sistem Informasi Konstruksi Indonesia (SIKI) yang bisa Anda gunakan sebagai bukti proses untuk berbagai macam tender yang sedang Anda jalankan.
Kontraktor Grade 7 memiliki nilai proyek yang sangat besar sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni, perencanaan yang baik serta peralatan yang memadai sehingga nantinya hasil pengerjaan bisa lebih maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel