Kontraktor HVAC Ruang Lingkup Heating, Ventilation, Air Conditioning

Sistem Kontraktor HVAC (Heating, Ventilation and Air Conditioning) atau sistem tata udara merupakan sistem yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan sehingga menghasilkan udara yang berkualitas. Kontraktor HVAC yang memiliki peran untuk memasang semua sistem tersebut pada suatu bangunan.
Ada beberapa parameter yang menentukan kualitas suatu udara yaitu suhu, kelembaban, tekanan, kebersihan dan juga jalur distribusi atau saluran udara. Semua parameter tersebut biasanya diukur menggunakan alat data logger sehingga nilai yang didapatkan lebih akurat.
Supaya lebih jelas mengenai ruang lingkup kontraktor HVAC, berikut ini akan dijelaskan secara detail masing-masing pengerjaannya :
1. Heating
Sistem ini sangat berfungsi untuk wilayah yang kondisi cuacanya cukup dingin sehingga membutuhkan penghangat ruangan. Beberapa bagian dari sistem heating yaitu furnace, radiator, heat pump dan hydronic.
Sumber panas yang dihasilkan berasal furnace yang disalurkan menuju hydronic atau semacam media air di dalam boiler. Selanjutnya, hydronic akan disalurkan menuju radiator yang berfungsi untuk menyalurkan hawa panas yang ada ke area sirkulasi udara sehingga ruangan menjadi lebih hangat.
2. Ventilation
Ventilation merupakan sistem untuk membuat ruangan menjadi lebih bersih dengan membuat sirkulasi udara dalam dengan udara di luar sehingga debu, kotoran, bakteri, panas dan bau yang tidak sedap akan tersedot ke luar. Prinsip ventilation ini mengaplikasikan teori mekanika fluida.
Ada 2 macam ventilation yaitu natural ventilation dan forced ventilation. Natural ventilation merupakan cara mensirkulasikan udara di dalam ruangan menggunakan jendela terbuka, biasanya digunakan untuk perumahan.
Kontraktor HVAC
Sedangkan forced ventilation digunakan untuk menggunakan bantuan kipas atau fan untuk menyedot hawa panas dan berbagai kotoran dari dalam ke luar ruangan. Biasanya sistem ini digunakan untuk gedung-gedung, rumah sakit dan mall.
3. Air Conditioning
Berikutnya pemasangan AC (Air Conditioning) atau pendingin ruangan oleh Kontraktor Bangunan Gedung untuk jenis bangunan gedung ataupun perumahan. Beberapa bagian penting AC yang harus dipasang adalah kompresor, refrigerant, katup ekspansi dan heat exchanger.
Namun, ada sedikit perbedaan antara AC perumahan dengan AC yang ada di gedung. Bedanya, AC gedung menggunakang liquid chiller yang ditempatkan dalam satu komponen Air Handling Unit (AHU) sehingga lebih dingin jika dibandingkan AC perumahan.
Kontraktor HVAC tentunya sudah ahli dalam pemasangan berbagai komponen diatas sehingga tidak perlu diragukan lagi hasilnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel