Kontraktor Jalan Tol Tugas Perencanaan Pelaksanaan Dan Evaluasi

Kontraktor jalan tol memiliki tugas serta tanggung jawab yang besar dalam pembangunan jalan tol yang merupakan program pemerintah untuk mempermudah masyarakat mengakses beberapa tempat dengan cepat. Dalam mewujudkan tujuan tersebut, pemerintah meminta bantuan dari kontraktor jalan tol untuk melaksanakan prosesnya. Ada banyak hal yang menjadi tanggung jawab kontraktor dalam membangun jalan tol. Berikut merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh kontraktor.
1. Perencanaan
Pemerintah telah menentukan titik awal dan akhir jalan tol yang akan dibangun. Kontraktor yang akan menentukan area mana saja yang akan dilewati oleh jalan tol. Bentuk rute juga akan direncanakan oleh kontraktor. Semua tanah yang akan diambil alih untuk pembangunan jalan tol harus dipikirkan matang-matang supaya tidak menimbulkan sengketa di akhir. Selanjutnya kontraktor yang menentukan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Kontraktor juga bertanggung jawab menyiapkan tenaga untuk membangun jalan tol tersebut.
2. Pelaksanaan
Setelah memiliki rencana matang terkait pembangunan jalan tol, kontraktor jalan tol harus melaksanakannya. Proses pelaksanaan harus sesuai dengan perencanaan tersebut dengan memperhatikan keselamatan para pekerja. Apabila terdapat hal-hal yang terjadi di luar rencana, kontraktor harus memiliki alasan yang tepat. Selain itu, kontraktor juga harus melaporkan kepada pemerintah mengenai perubahan tersebut. Contoh hal di luar rencana adalah tanggal selesai yang mundur, penambahan pekerja, perubahan rute, dan lain sebagainya.
Kontraktor Jalan Tol
3. Evaluasi
Jika proses pembangunan jalan tol telah selesai, Perusahaan Kontraktor tidak serta merta bisa lepas tangan. Mereka akan tetap mengawasi jalan tol tersebut selama beberapa saat sesuai kesepakatan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk evaluasi dari hasil pembangunan jalan tol. Apabila terjadi suatu hal, maka kontraktor bertanggung jawab memperbaikinya atau setidaknya memberikan solusi. Setelah itu, semua laporan dan catatan terkait pembangunan jalan tol harus disampaikan ke pemerintah mulai dari keuangan, catatan proses, dan lain sebagainya.
Itulah tanggung jawab kontraktor jalan tol. Contoh kontraktor yang biasa bekerja sama untuk membangun jalan tol antara lain PT Hutama Karya, PT Wijaya Karya, PT Transjawa Paspro Jalan Tol, PT Trans Jabar Tol, dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel