Kontraktor Mekanikal Elektrikal Berikut Layanan Jasa Yang Disediakan

Proses pembangunan suatu gedung dikerjakan oleh kontraktor mekanikal elektrikal mulai dari perencanaan hingga gedung berdiri tegak. Selanjutnya, kontraktor ME atau Mechanical Electrical yang akan menangani pemasangan jaringan listrik sebegai pelengkap konstruksi bangunan.
Sebenarnya tidak semua kontraktor ME berdiri secara independen, ada juga kontraktor proyek yang didalamnya sudah ada tim ahli yang menangani semua pekerjaan mekanikal elektrikal sehingga mereka tidak harus menggunakan vendor atau sub kontraktor lagi.
Untuk yang berdiri secara independen tentu saja harus memiliki izin resmi dan sertifikasi dengan ketentuan sebagai jasa kontraktor spesialis karena khusus untuk menangani masalah mekanikal dan elektrikal saja.
Sedangkan untuk mekanikal dan elektrikal yang sudah menjadi satu bagian dari kontraktor proyek maka izin usahanya digabung tinggal menambahkan bidang usaha atau layanannya saja.
Berikut ini layanan atau jasa yang disediakan :
1. Layanan Mekanikal
Instalasi Ventilasi atau saluran udara dan Air Conditioning
Setiap gedung baik itu berupa gedung perkantoran, rusun, rumah sakit dan sejenisnya tentu harus memiliki saluran udara atau ventilasi yang baik sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, kebanyakan gedung juga memasang AC untuk menyejukkan ruangan, disinilah peran penyedia layanan mekanikal.
2. Instalasi pemadam kebakaran
Setiap tempat yang memang sudah dibuat standart safety atau keamanannya pasti memiliki pemadam kebakaran otomatis. Peran kontraktor mekanikal yaitu membuat saluran khusus serta mengatur agar fungsi dari pemadam kebakan ini dapat bekerja dengan baik.
Kontraktor Mekanikal Elektrikal
3. Instalasi plumbing (pipa)
Ada banyak sekali pipa di dalam gedung dan perumahan seperti pipa sanitasi, pipa saluran air bersih dan kotor, pipa udara dan lainnya. Semua pipa tersebut dipasang oleh tenaga ahli mekanikal.
Instalasi listrik escalator dan lift
Untuk gedung yang menggunakan escalator dan lift tentunya harus menggunakan tenaga ahli dan berpengalaman karena sama-sama menggunakan tombol untuk naik dan turun serta harus menghitung kapasitas beban yang diterima.
4. Layanan Elektrikal
Semua jaringan listrik yang ada di dalam gedung tentu saja harus dipasang dengan benar dan rapih sehingga fungsi alat elektrik di dalam gedung dapat berjalan optimal.
5. Instalasi Telepon
Setiap Kontraktor Konstruksi tentunya masih menggunakan line telepon untuk komunikasi baik itu antar ruangan di dalam gedung ataupun untuk komunikasi ke luar gedung.
6. Instalasi Sound System
Beberapa tempat seperti bandara, mall dan rumah sakit biasanya menggunakan sound system untuk sarana informasi pengunjung.
7. Instalasi CCTV
Supaya gedung terjamin keamanannya maka harus menggunakan CCTV di setiap ruangan kecuali kamar mandi.
8. Penyedia Jaringan Data
Sedangkan untuk ruangan server menggunakan jaringan data khusus yang tentu saja bersifat rahasia sehingga harus aman agar tidak bisa diakses dari luar gedung atau ruang server.
Itulah beberapa layanan yang disediakan kontraktor ME sebagai pelengkap fasilitas dan pemasangan berbagai instalasi elektrikal di dalam suatu konstruksi bangunan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel