Kontraktor Sipil Tugas Perencanaan Pelaksanaan Proyek Tenaga Kerja

Mungkin Anda sudah tidak asing mendengar profesi yang disebut kontraktor sipil. Salah satu jenis kontraktor yang cukup dikenal adalah kontraktor sipil yang mengerjakan berbagai jenis proyek bangunan seperti jembatan, jalan raya, jalan tol dan terowongan.
Secara pengertian, kontraktor sipil merupakan badan/Lembaga yang memiliki layanan pengadaan barang dan jasa di bidang sipil sesuai dengan nilai kontrak yang telah ditetapkan atau disepakati antara pemberi kontrak (owner) dan penerima kontrak (kontraktor).
Berarti kontraktor ini memiliki badan hukum dan sertifikasi yang bertanggung jawab penuh terhadap suatu proyek pembangunan. Biasanya, kontraktor sipil juga menangani pekerjaan kontraktor mekanikal karena bisa dibilang saling berhubungan.
Di Indonesia sendiri tercatat kurang lebih ada 180 ribu perusahaan kontraktor. Semua kontraktor tentunya harus sudah tersertifikasi dan terdaftar sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).
Kontraktor Sipil
Tugas dari kontraktor sipil diantaranya adalah :
Buat perencanaan dan jadwal pekerjaan serta memastikan jawal tersebut bisa dijalankan dengan benar tanpa ada yang melanggar.
Memastikan semua proses konstruksi mulai dari awal  seperti membuat desain, budgeting, perizinan hingga selesai pengerjaan agar sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.
Membuat laporan pelaksanaan proyek dalam bentuk laporan harian, mingguan dan bulanan. Isi laporan yang dibuat yaitu pelaksanaan pekerjaan, perkembangan pekerjaan, total tenaga kerja yang digunakan, pengaruh cuaca selama proses pengerjaan berlangsung dan masih banyak lagi.
Menyiapkan tenaga kerja, peralatan yang dibutuhkan serta melakukan survey dan Analisa lokasi proyek yang akan dibangun.
Melakukan pengujian semua jenis Jasa Konstruksi yang dibangun seperti jembatan, jalan tol, jalan raya, Gedung dan lainnya sebelum resmi dioperasikan.
Evaluasi setiap selesai menyelesaikan proyek konstruksi sehingga mengetahui apa saja kekurangan selama menjalankan proyek.
Bisa dibilang jika ruang lingkup pengerjaan dari kontraktor sipil adalah seputar infrastruktur saranan dan prasarana.
Selain mengerjakan berbagai infrastruktur, kontraktor sipil juga mengerjakan berbagai kebutuhan yang mencakup lingkungan dan kebutuhan hidup manusia seperti menganalisa lokasi rawan gempa, penyediaan air bersih, membuat drainase, sanitasi perumahan, uji tanah untuk membuat bangunan dan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel