Kontraktor Telekomunikasi Tugas dan Tanggung Jawab Kontraktor

Kontraktor telekomunikasi memiliki tanggung jawab untuk membangun sebuah proyek jaringan telekomunikasi, provider sering kali menggunakan jasa kontraktor. Benar sekali, provider-provider besar akan melelang proyeknya atau menunjuk langsung kontraktor telekomunikasi untuk kemudi proyek tersebut dikerjakan sesuai dengan spesifikasi yang diajukan. Kontraktor yang menangani masalah telekomunikasi sendiri memiliki banyak sekali tugas, di antaranya adalah instalasi menara BTS, Drive Test optimasi jaringan, dan instalasi radio transmisi.
Pada instalasi menara BTS, kontraktor pertama-tama akan menerjunkan tim khusus untuk mencari lokasi sesuai dengan koordinat yang ditentukan oleh provider. Jika lokasi sudah ditemukan, maka proses pembebasan lahan atau SITAC akan segera dilaksanakan. Pada proses ini biasanya banyak terjadi masalah karena izin dari RT/RW setempat terkadang sulit di dapatkan. Namun dengan diskusi yang sehat, biasanya pihak kontraktor bisa mendapatkan izin tersebut. Perlu diingat bahwa lokasi yang dipilih oleh kontraktor harus memenuhi persyaratan yang diajukan provider seperti tidak terhalang pohon besar, gedung, dan lain-lain. Tahap selanjutnya adalah melakukan tes kekuatan tanah. Tanah yang akan di bangun Tower di atasnya paling tidak harus mampu menahan beban hingga 5 ton. Jika sudah lulus uji coba, maka proses perakitan Tower siap dilaksanakan. Kontraktor akan melakukan instalasi mekanis dan kelistrikan setelah Tower berdiri.
Kontraktor Telekomunikasi
Sedangkan adalah Drive Test optimasi jaringan. Pada tahap ini, kontraktor telekomunikasi akan melakukan Drive Test dan pengumpulan data. Untuk analisa dan bagian pelaporan biasanya akan dilakukan langsung oleh provider sendiri. Jika memang ditemukan ketidaksesuaian, pihak provider akan menghubungi kembali pihak kontraktor dan meminta perbaikan. Dan yang terakhir adalah instalasi radio transmisi. Kontraktor bertanggung jawab atas semua proses termasuk instalasi perangkat dan juga comissioning radio transmisi. Selanjutnya kontraktor akan membuat laporan kepada provider pemilik proyek.
Itulah beberapa tugas kontraktor telekomunikasi dalam sebuah proyek. Nantinya tugas tersebut masih bisa dibagi lagi dengan sub-kontraktor yang akan bekerja di bawah Jasa Kontraktor utama. biasanya sub-kontraktor terdiri dari kontraktor-kontraktor yang lebih kecil dan hanya mampu menangani satu tugas saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel