Pengadaan Jasa Konstruksi Cara Yang Digunakan Dalam Pengadaan

Pengadaan jasa konstruksi memiliki peran penting dalam pembangunan gedung dan fasilitas lainnya. Dimana membutuhkan pihak yang akan bertanggung jawab dalam proses pembuatan hingga penyelesaian sehingga gedung atau fasilitas tersebut akan siap digunakan. dalam menentukan pihak mana yang berhak mengemban tugas dalam menyelesaikan pembangunan, biasanya akan diselenggarakan pengadaan jasa konstruksi. Pengadaan ini bertujuan untuk memilih lembaga mana yang bisa menyelesaikan pekerjaan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Dalam pengadaannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:
1. Pelelangan umum
Pelelangan umum adalah salah satu jenis pengadaan yang bisa diikuti oleh lembaga pengadaan jasa konstruksi dari mana saja. Namun, tentu saja peserta pengadaan perlu memenuhi syarat yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Bila lembaga telah memenuhi syarat, maka lembaga tersebut bisa berlomba untuk mendapat pekerjaan guna menyelesaikan pembangunan yang telah direncanakan.
2. Pelelangan terbatas
Berbeda dengan jenis pengadaan sebelumnya, dalam melakukan pengadaan hanya beberapa lembaga yang bisa ikut meramaikan pelelangan terbatas. Pelelangan ini disebut pelelangan terbatas karena pekerjaan yang harus diselesaikan cukup kompleks sehingga tidak banyak penyedia pengadaan jasa konstruksi yang sanggup dalam mengemban tanggung jawab tersebut. Biasanya, kompleksitas pekerjaan meliputi penggunaan teknologi tinggi yang memerlukan kecanggihan dalam menyelesaikan pekerjaan.
Pengadaan Jasa Konstruksi
3. Pelelangan sederhana
Bertolak belakang dengan jenis pengadaan sebelumnya, pelelangan sederhana merupakan jenis pengadaan yang tidak membutuhkan banyak kompleksitas. Ada banyak pengadaan jasa konstruksi yang bisa berpartisipasi dalam pengadaan ini. Biasanya, pekerjaan yang akan diemban memiliki nilai tidak lebih dari 200 juta rupiah.
4. Pemilihan langsung
Pemilihan langsung adalah proses penunjukan pengadaan jasa konstruksi yang telah memberikan penawarannya terlebih dahulu. Biasanya, akan dipilih 3 penyedia Perusahaan Kontruksi yang memiliki penawaran terbaik. Selanjutnya, penyelenggara pengadaan akan menunjuk langsung lembaga mana yang berhak untuk mendapat proyek yang dilelang.
Dengan mengetahui cara pengadaan, anda bisa mempersiapkan lembaga anda terlebih dahulu. Sebagai contoh, bila anda memiliki target untuk mengikuti pelelangan terbatas, maka anda harus mempersiapkan lembaga anda untuk akhirnya siap dalam mengikuti pelelangan tersebut. Dengan mempersiapkan semua kualifikasi terlebih dahulu, besar kemungkinan lembaga anda akan lebih siap dalam menghadapi perlombaan di meja pengadaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel