Perusahaan Konstruksi Jalan Lapen Kenali Penggunaan Agar Tidak Salah

Perusahaan konstruksi jalan lapen tentu dari kita belum banyak yang mengetahui. Seperti yang sudah kita ketahui, Indonesia memiliki berbagai macam konstruksi jalan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan jalannya. Dari banyaknya macam jalan, pernahkah Anda mendengar perusahaan konstruksi jalan lapen? Tidak semua orang mungkin mendengar istilah jalan tersebut, tapi tidak sedikit jalan-jalan di perkotaan maupun di pedesaan menggunakan kondisi jalan tersebut.
Jalan lapen dulunya ditemukan oleh seorang ahli konstruksi atau insinyur, yaitu Thomas Telford. Dia awalnya menggunakan salah satu jenis jalan tersebut untuk membuatkan jalan jembatan di dekat daerah pemukimannya di Skotlandia. Dia menyimpulkan kalau konsep atau prinsip yang digunakan hampir sama dengan jembatan melengkung.
Prinsip yang dimaksud adalah menyusun blok-blok batu yang terbelah dengan memasangkannya cara berdiri. Tapi, pemasangannya harus dilakukan secara berdesakan atau menempel satu sama lainnya, sehingga sulit menimbulkan celah. Bagaimana dengan cara memasangnya? Anda tidak perlu menggunakan alat berat, karena dilakukan dengan tangan saja sudah cukup bisa dilakukan.
Karena saat itu masyarakat menyambutnya dengan baik dan ketahanannya yang awet, maka sistem perusahaan konstruksi jalan lapen sangat diterima sampai sekarang dan sempat dikenal dengan sebutan Sistem Telford. Sampai beberapa tahun kemudian, namanya berubah dengan sebutan yang kita kenal sekarang ini, jalan lapen.
Perusahaan Konstruksi Jalan Lapen
Sistem lapen sering kali digunakan oleh orang Indonesia untuk jalan-jalan di daerah pedesaan. Daerah perkotaan sebenarnya juga banyak yang memakainya, hanya saja tidak sebanyak di daerah pedesaan. Ada yang membedakannya dengan sistem jalan lainnya yaitu pada kelebarannya.
Kontruksi jalan lapen biasanya memiliki kelebaran jalan sebesar 2 cm hingga 3 cm tergantung dari kondisi jalannya atau sesuai kebutuhan jalannya. Sedangkan ketebalannya umumnya sebesar 20 cm. Namun, sesaat setelah dibangun menggunakan jalan lapen, permukaannya harus segera di semprot dengan temperatur yang berbeda-beda sesuai dengan jenis lapennya.
Kalau jenis lapennya 60/70 Pen, maka temperatur penyemprotan yang digunakan sekitar 165 sampai 175 C. Berbeda kalau jenisnya 800/100 Pen, maka temperaturnya adalah 155 sampai 165 C.
Sekarang Anda sudah mulai memahami perusahaan konstruksi jalan lapen, bukan? Dengan begitu, pengetahuan Anda mengenai berbagai macam Kontraktor Rumah Murah semakin bertambah. Tidak ada salahnya Anda mengetahuinya juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel