Perusahaan Konstruksi Jalan Layang Macam Bagian Konstruksi Jalan

Perusahaan konstruksi jalan layang atau dikenal juga dengan sebutan fly over merupakan jenis jalan yang dipakai sebagai fasilitas transportasi darat yang dibuat di atas permukaan jalan. Perusahaan konstruksi jalan layang umumnya dibangun untuk mengatasi kemacetan jalan yang kepadatan kendaraannya perlu dikurangi dengan membangun jalan yang lainnya.
Kalau Anda lihat konstruksinya, tentu terdapat beberapa macam bagian yang masih asing untuk Anda, apalagi Anda yang masih awam dengan konstruksi jalan raya. Tidak ada salahnya Anda mengenal beberapa macam bagiannya di bawah ini.
1. Kepala jalan layang
Kepala jalan layang atau disebut juga dengan istilah abutmen merupakan bagian yang berada di ujung jalan layang di kedua sisinya. Fungsinya yaitu menahan reaksi beban yang berada di ujung jalan layang dan penahan dinding tanah. Anda akan menemukan bagian ini kalau Anda sudah berada di ujung jalan layangnya.
2. Pilar
Pilar sangat penting dirancang terlebih dahulu karena dapat mempengaruhi estetika dan struktur jalan layang itu sendiri. Perusahaan konstruksi jalan layang di bagian pilar memiliki prinsip yaitu beton-beton pada pilonnya memiliki permukaan dasar dengan daya tahan yang lebih kuat karena harus menerima gaya tekanan yang sangat tinggi.
3. Gelagar
Untuk bagian yang satu ini, Anda tidak akan mudah melihatnya karena berada di bagian dalam Kontraktor Konstruksi. Gelagar merupakan bagian dari penampang box girder yang umumnya berbentuk persegi ataupun trapesium. Biasanya desain yang digunakan memiliki 1 sel ataupun lebih banyak sel-sel sesuai dengan kebutuhan jalan layang.
Perusahaan Konstruksi Jalan Layang
4. Lock up device
Pada perusahaan konstruksi jalan layang, terdapat lock up device yang memberikan rigid link atau penghubung yang bentuknya kaku antara pilar maupun abutmen dengan deknya. Dengan memakai bagian ini, bebannya akan semakin kuat untuk menahan volume kendaraan yang padat, tabrakan, rem, terutama gempa. Tanpa adanya bagian ini, tentu jalan layang tidak akan kokoh dan cepat rusak.
5. Modular expansion joint
Karena ada banyak kendaraan yang menggunakan jalan layang, tentu permukaannya harus diberikan modular expansion joint. Fungsinya untuk mengakomodasi pergerakan yang volume-nya lebih besar dari jenis jalan lainnya.
Itulah beberapa bagian pada perusahaan konstruksi jalan layang. Anda yang masih ingin mengenal lebih jauh bagian-bagiannya yang lainnya, bisa Anda cari lagi di sumber lainnya atau bertanya ke orang yang lebih ahli, ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel