Perusahaan Konstruksi Jalan Rel Pengetahuan Tentang Konstruksi Rel

Siapa sih yang tidak tahu perusahaan konstruksi jalan rel? Jalan yang dipakai khusus untuk kereta api tersebut menjadi prasarana yang paling utama dalam industri kereta api. Tentu saja perusahaan konstruksi jalan rel memiliki ciri khasnya tersendiri sehingga jelas berbeda dengan jenis jalan lainnya.
Jalan rel dibuat secara khusus agar transportasi darat lainnya tidak bisa menggunakannya. Tidak heran, bukan kalau Anda hanya melihat jalurnya yang sangat berbeda dengan jalan raya yang dibuat dengan rangkaian besi yang memanjang? Rel tersebutlah yang dipakai kereta api untuk bergerak dari stasiun ke stasiun lainnya.
Kalau Anda lihat secara mata awam, secara jelas kalau konstruksinya terdiri dari rangkaian batang besi yang disusun memanjang atau pararel. Masing-masing jarak batang besi tersebut sangatlah konstan atau tetap di bagian kedua sisinya, sehingga tidak menimbulkan celah yang membuat kereta akan tetap aman melewati jalurnya.
Batang rel tersebut dihubungkan dengan menggunakan bantalan khusus yang dipasang secara melintang dengan jaraknya yang sangat rapat. Kenapa harus dikaitkan secara rapat? Tentu saja agar rel tidak mudah bergeser atau terlepas karena terkena gesekan kereta apinya.
Sebenarnya prinsip perusahaan konstruksi jalan rel sudah digunakan dari sejak lama, tepatnya sejak 2000 tahun yang lalu. Dulunya orang-orang masih menggunakan kereta roda untuk mengangkut penumpang maupun barang. Awal mulanya, kereta melewati jalan tanah yang banyak debunya. Saat jalan tersebut terkena hujan, maka kondisinya akan lembek. Tapi setelah kering, maka terlihat cekungan kalau ada kereta yang melewatinya.
Perusahaan Konstruksi Jalan Rel
Tapi, dari cekungan tersebut membuat kereta rodanya lebih mudah terarah sehingga pengemudinya hanya mengatur kecepatannya saja tanpa pusing lagi. Dari kemudahan itulah, lahir prinsip jalur rel seperti yang sudah kita kenal saat ini.
Namun, karena karakteristiknya berbeda dengan jenis jalan lainnya, maka harus menggunakan lebih banyak komponen agar kereta api yang lewat tetap aman. Perusahaan konstruksi jalan rel harus direncanakan sebaik mungkin karena harus kuat menahan beban kereta yang berulang-ulang kali melewati jalur yang sama.
Sudah sangat jelas perusahaan konstruksi jalan rel tidak boleh dibuat sembarangan. Karena itulah insinyur jalan rel harus mengetahui lebih dalam lagi tentang komponen-komponen yang digunakan. Tapi, bagi Anda yang masih awam, tidak ada salahnya mengenal lebih jauh tentang Jasa Kontraktor di Jakarta dengan fokus pada pembangunan jalur rel kereta api, bukan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel