Perusahaan Kontraktor Pertamina Berikut Ikatan Kontrak Kerja Sama

Kerja sama antara perusahaan kontraktor pertamina dengan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) semakin terlihat di sektor minyak dan gas. Bahkan dukungan juga mengalir dari pemerintah. Tampaknya pemerintah semakin serius untuk memperkecil ketergantungan Indonesia terhadap kebutuhan minyak dan gas (migas) di dalam negeri. Pasalnya penerbitan peraturan pemerintah terkait dengan kewajiban bagi kontraktor kerja sama untuk menjual bagian minyaknya ke pertamina akan memperkecil nilai impor Indonesia dalam hal minyak dan gas. Tentu saja kerja sama ini tidak hanya memberikan keuntungan kepada pihak pertamina namun juga membawa keuntungan bagi pihak KKKS karena akan memotong biaya transport untuk mengirim minyak ke luar negeri. 
Proses kerja sama antara pihak perusahaan kontraktor pertamina dengan pihak KKKS memerlukan beberapa tahapan-tahapan terkait pembahasan pajak jangka waktu kerja sama yang disepakati antara kedua belah pihak. Perlu diadakan diskusi-diskusi mendalam untuk membahas hal tersebut. Apabila semua hal tersebut telah disepakati kedua belah pihak ada tahapan selanjutnya yang harus melibatkan peran dari Direktur Jenderal ESDM yang akan memaparkan peraturan teknis terkait kerja sama tersebut.
Perusahaan Kontraktor Pertamina
Kini sudah ada sembilan kontraktor kerja sama yang telah sepakat untuk menjual bagian minyaknya ke perusahaan kontraktor pertamina tiga di antaranya Exxon Mobil, Premier Oil, dan Energi Mega Persada (EMP). Pertamina masih mengusahakan kerja sama ini dengan pihak KKKS lainnya untuk bisa mengoptimalkan penekanan angka impor minyak di Indonesia. Kontraktor yang memiliki produksi minyak mentah terbesar di Indonesia yaitu PT Chevron Pasific Indonesia sebesar 91,9 ribu barel per hari yang memiliki nilai tekan yang sangat besar jika pihak pertamina dapat menjalin kerja sama.
Sebenarnya kementerian ESDM telah menyusun daftar 10 kontraktor yang bergerak di sektor minyak dan gas yang memiliki potensi besar untuk membantu memperkecil nilai impor minyak Indonesia. Kesepuluh Jasa Pelaksana Konstruksi tersebut mempunyai bagian minyak yang paling besar di Indonesia. Salah satunya adalah PT Mobil Cepu yang mempunyai bagian minyak di Indonesia terbesar kedua setelah PT Chevron Pasific Indonesia.
Peraturan yang telah diterbitkan oleh kementerian ESDM diharapkan dapat memperlancar kerja sama yang akan dijalin antara pihak perusahaan kontraktor pertamina dan KKKS. Saatnya Indonesia mampu berdiri di atas kaki sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel