UU Konstruksi Ketahui Tentang Dasar Tujuan Dibuatnya UU Konstruksi

UU konstruksi adalah peraturan yang mengatur suatu pelayanan jasa konsultan yang bergerak dibidang konstruksi, berupa perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan konstruksi. Pekerjaan konstruksi mencakup banyak hal seperti arsitek, teknik lingkungan, sipil, mekanikal , bangunan dan masih banyak lagi.
Pada umumnya jenis usaha konstruksi terbagi menjadi tiga yakni perencanaan konstruksi, pelaksanaan konstruksi dan pengawasan konstruksi. Perencanaan konstruksi berupa rangkaian kegiatan yang dimulai dari pengembangan sampai penyusunan kontrak kerja konstruksi. Pelaksanaan konstruksi berupa rangkaian kegiatan di lapangan dari persiapan hingga hasil pekerjaan konstruksi. Terakhir adalah pengawasan konstruksi berupa memberikan layanan pengawasan dari mulai terjun di lapangan hingga hasil akhir konstruksi.
Dalam pelaksanaannaya, jasa konstruksi diatur oleh UU Konstruksi sehingga peraturannya pun lebih jelas dan rinci. Berikut beberapa tujuan dibuatnya UU Konstruksi
1. Mewujudkan usaha yang berkualitas
Dengan adanya undang-undang konstruksi para penyedia jasa maupun pengguna jasa konstruksi akan lebih terarah karena memiliki pedoman. Selain itu, penyedia jasa konstruksi dapat tumbuh dan berkembang demi mewujudkan usaha-usaha ynag berkualitas, kokoh, unggul dan memiliki daya saing tinggi.
UU Konstruksi
2. Mewujudkan tata tertib penyelengaraan
Sejatinya adanya peraturan memang untuk dipatuhi dan mencegah adanya penyelewengan. Adanya undang-undang konstruksi dimaksudkan untuk menjamin kesetaraan kedudukan antara penyedia dan pengguna jasa. Dengan demikian kesetaraan hak dan kewajiban pun sama serta keduanya dapat mematuhi peraturan yang berlaku.
3. Meningkatkan peran masyarakat
Peningkatan peran masyarakat khususnya di bidang konstruksi diterapkan dengan adanya undang-undang kontruksi. Masyarakat dituntut untuk ikut serta atau berpartisipasi dalam mematuhi undang-undang yang berlaku.
Demikian beberapa tujuan dibuatnya undang-undang konstruksi. Sebagai warga negara yang baik tentunya kita wajib mematuhi dan menjalankan undanng-undang yang berlaku. Kita bisa melakukannya dengan ikut berperan melaksanakan kewajiban yang tertera dalam undang-undang. Namun, masyarakaat awam sekitar tempat proyek Kontraktor Rumah Murah pada umumnya belum terlalu mengerti dan faham mengenai undang-undang konstruksi. Dengan demikian, pemerintah perlu mengadakan sosialisasi untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam menjalankan undang-undang konstruksi. Hal ini dapat dimulai dengan melakukan kunjungan, penyuluhan dan pemantauan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel