Jasa Pelaksana Konstruksi Tugas Jasa Konstruksi Dalam Sebuah Proyek

Jasa pelaksana konstruksi dalam menjalankan suatu proyek pembangunan memiliki tugas dan peranan penting. Penyedia jasa tersebut merupakan bagian dalam proyek konstruksi yang bertugas untuk melaksanakan semua aspek yang direncanakan dalam proyek konstruksi.
Orang yang memiliki tanggung jawab memegang tugas sebagai pelaksana konstruksi disebut dengan kontraktor. Ada banyak tugas yang harus diemban orang dengan posisi itu. Lantas apa sajakah yang menjadi tugas mereka? ‘
Tugas Jasa Pelaksana Konstruksi Dalam Proyek Pembangunan
Ada beberapa tugas jasa pelaksana konstruksi dalam proyek pembangunan. Adapun tugasnya sebagai berikut :
Melaksanakan pembangunan bekerja sesuai dengan peraturan serta juga spesifikasi yang sudah direncanakan dan ditentukan sebelumnya dalam kontrak perjanjian proyek pembangunan yang sudah disepakati bersama.
Memberikan laporan kemajuan proyek. Laporan tersebut meliputi tata laksana pekerjaan, prestasi kerja yang dicapai, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, bahan – bahannya dan sebagainya. Laporan ini tersaji dalam laporan harian, mingguan dan bulanan.
Jasa Pelaksana Konstruksi
Tugas jasa pelaksana konstruksi dalam sebuah proyek juga menyediakan tenaga kerja, peralatan, bahan, tempat kerja dan berbagai alat pendukung yang lain. Alat – alat tersebut digunakan untuk mengacu pada gambar serta spesifikasi set untuk memperhatikan biaya, waktu, kualitas serta pekerjaan keamanannya.
Seorang pelaksana konstruksi bertanggung jawab secara penuh terhadap berbagai kegiatan pembangunan serta metode pelaksanaan kerja yang ada di lapangan.
Menjalankan pekerjaan sesuai dengan schedule yang sudah disepakati bersama sejak awal
Melindungi semua bahan, peralatan serta bekerja terhadap berbagai macam potensi kerugian dan kerusakan sampai di moment serah terima pekerjaan kepada klien.
Sosok pelaksana konstruksi atau kontraktor dapat meminta kepada pemilik proyek untuk memberikan perpanjangan waktu jika ada keterlambatan. Hal ini sebagai tanggung jawab atas tugas yang dipegang. Ia juga harus memberi alasan yang rasional dan sesuai fakta yang menyebabkan kemungkinan adanya tambahan waktu diperlukan.
Itulah berbagai macam tanggung jawab dan tugas jasa pelaksana konstruksi dalam sebuah proyek. Tidak mudah dan merupakan suatu tanggung jawab yang sangat besar.