Kerja Kontraktor Mengenal Sistem Borongan Penuh Dan Borongan Sebagian

Banyak orang yang mengatakan bahwa kerja kontraktor merupakan bidang kerja yang membuat seseorang cepat kaya. Sebenarnya apapun pekerjaannya jika seseorang bisa mengelola pendapatan dengan baik, ia berpotensi kaya.
Kaya tidak harus menjadi seorang kontraktor. Namun jika Anda berniat menjadi seorang kontraktor, yang Anda harus kenali adalah bagaimana sistem kerja mereka. Ada beberapa sistem kerja dari seorang kontraktor yang selama ini tidak banyak diketahui public. Apa sajakah hal tersebut?
Sistem Kerja Kontraktor yang Harus Dikenali
Sistem borongan penuh
Pada sistem borongan penuh, kerja kontraktor semua dihitung secara lumpsum. Jadi total secara menyeluruh dengan harga tetap yang ditentukan. Apakah dari harga yang sudah disepakati di awal menjadikan kontraktor untung atau rugi, semua itu menjadi urusan kontraktor.
Sistem ini seringkali dipilih ketika kecepatan diharapkan namun anggaran yang dimiliki terbatas. Kekurangan dari sistem ini biasanya kualitas kerapihan bangunan. Karena pemborong mengejar target, mereka biasanya cepat – cepat akan diburu waktu.
Sistem borong sebagian
Sistem borongan sebagian berusaha ada di tengah antara borongan penuh dan tusi. Item pekerjaan yang diborong pada sistem ini tentu tidak semuanya. Hanya beberapa item tertentu saja yang sudah disepakati sebelumnya oleh kedua belah pihak. Yang paling banyak adalah borongan upah.
Kerja Kontraktor
Sistem cost and fee atau tusi
Tusi ini dipilih jika kerapihan dan kualitas menjadi skala prioritas dan harus didukung dengan dana yang cukup. Pada sistem cost and fee atau sistem tusi, klien diperbolehkan untuk berbelanja material sendiri sesuai yang diinginkan.
Akan tetapi biasanya ketika klien merasa takut tidak mampu melakukannya sendiri, klien akan menitip ke kontraktor. Nantinya kontraktor akan belanja dan memberikan bon kepada klien. Bon ini sebagai bukti belanja bahwa kontraktor tidak memanipulasi harga. Sistem ini adalah sistem yang terbuka dimana semua pihak tahu.
Sistem borong jasa
Sistem borong jasa merupakan sistem yang efektif dijalankan jika hubungannya secara langsung dengan kepala tukang atau mandor dan bangunan yang dikerjakan tidak begitu rumit.
Itulah beberapa sistem kerja kontraktor yang sangat relevan dilakukan sampai saat ini. Semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Tinggal klien saja mau pilih yang mana dan bagaimana tindakan mereka meminimalisir jika ada potensi kerugian.